Green Hajj Panduan Lengkap Haji dan Umrah Ramah Lingkungan

  



    Hai semuanya, jadi kemarin tanggal 30 Juni 2022, aku menghadiri undangan dari KBR Indonesia dalam rangka launching  aplikasi Green Hajj. Aplikasi Green Hajj ini sudah bisa di download di apps. Oh iya aplikasi yang baru saja di launching ini special dalam Bahasa Indonesia, jadi memudahkan penggunanya dalam menggunakan aplikasi Green Hajj ini. 


Green Hajj merupakan aplikasi yang memuat bacaan dan doa serta panduan praktis dalam melakukan ibadah haji dan umroh . Pengguna juga bisa mendapatkan petunjuk mengenai ibadah haji dan umroh yang ramah lingkungan dan berkelanjutan seperti penggunaan air dan energi yang efisien . Pengurangan sampah khususnya sampah plastik, dan penggunaan transportasi publik ujar Tata Mustasya, jurukampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia. 


 Kampanye ini mempromosikan masa depan alternatif yang menawarkan solusi dan harapan . Di harapkan panduan ini bisa ikut membawa dunia mengatasi bencana iklim, menawarkan bagi individu, komunitas , pemerintah dan pemangku kepentingan lain guna mengakhiri mitos pembangunan ekonomi ekstraktif yang merugikan lingkungan . Dan Aplikasi Green Hajj sudah bisa di unduh secara gratis di App Store, dan dapat digunakan oleh individu maupun agen travel sebagai langkah menumbuhkan kesadaran bahwa haji dan umrah dapat menjadi ibadah yang mengintegrasikan dampak positif bagi lingkungan , sesama makhluk hidup serta kehidupan di bumi dengan peduli pada perubahan iklim. Melalui acara yang diselenggarakan secara hybrid, Ummah for Earth dan Greenpeace Indonesia meluncurkan aplikasi Green Hajj pada kamis, 30/06/2022. Aplikasi Green Hajj hadir sebagai bentuk nyata dukungan umat Islam dalam upaya mengatasi perubahan iklim. Sebelumnya Ummah for Earth telah merilis Green Hajj dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab , dan sekarang aplikasi Green Hajj di luncurkan dalam versi Bahasa Indonesia. Acara launching aplikasi Green Hajj ini juga berisi dialog bersama sejumlah tokoh yang memiliki perhatian dan memberi dukungan bagi keikutsertaan umat muslim dalam upaya mengatasi perubahan iklim.  

Dalam rangka Haji dan umrah ramah lingkungan, maka akan lebih baik jika mempersiapkan dan menggunakan wadah tempat makan atau tempat botol minum sendiri selama perjalanan dan membawa bekal yang telah disiapkan sebelumnya. Menggunakan bumbu dan bahan makanan organik yang ditanam dan diproduksi secara lokal, ini sangat baik untuk menjaga kelestarian alam dan mengembangkan ekonomi setempat . membeli makanan dan minuman sesuai kebutuhan dan keperluan , hindari membeli makanan dan minuman kemasan , serta dalam jumlah yang banyak dan belebih-lebihan dan boros. Hemat dalam penggunaan air untuk keperluan wudhu , mencuci tangan , dan keperluan pribadi seperti mandi dan buang air. Menghindari penggunaan minuman kemasan plastik sebagai gantinya menggunakan tumbler atau botol air isi ulang . Tidak  membuang sampah sembarangan , selalu menggunakan tempat sampah yang telah disediakan . Menhemat penggunaan listrik . mencabut kabel dan mematikan perlengkapan listrik jika tidak dipergunakan. Menggunakan perlengkapan listrik yang hemat energi atau memanfaatkan panel surya untuk mengisi baterai hp dan lampu. 

Prof


Peluang dari Ibadah Haji dan Umrah 

Mempertimbangkan untuk mensponsori kegiatan penanaman pohon di lokasi ziarah di tanah suci , atau menanam dirumah sendiri. Menanam pohon species local agar memberi manfaat lingkungan yang lebih banyak. Mengurangi kebiasaan mengonsumsi barang secara berlebih - lebihan . Membiasakan menggunakan kembali barang sudah dipakai (reuse) atau memperbaiki dan mendaur ulang (recyle) ketimbang selalu membeli barang baru. Ini merupakan sunnah dan memberikan manfaat spiritual dan lingkungan. Membiasakan membeli barang yang mempunyai nilai tambah berkelanjutan , menghindari kebiasaan belanja yang emosional , implusif dan boros. Selalu menggunakan tas belanja berbahan ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Seperti kertas, karung goni , dan rami. 

"Dan hamba - hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (adalah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati" (QS 25:63) . Perubahan iklim merupakan salah satu krisis terbesar yang dihadapi dunia. Setiap tahun suhu di permukaan bumi meningkat dan menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem, angin topan, kekeringan , banjir, dan mencairnya gunung es. Konsekuensinya yang mengancam kehidupan ini terjadi karena semakin banyaknya gas rumah kaca yang terlepas ke atmosfer dari berbagai aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Segala tindakan yang kita lakukan baik secara individu atau kelompok masyarakat sangat berpengaruh terhadap upaya mengatasi perubahan iklim. Umat Islam adalah kelompok agama terbesar kedua didunia yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi kebijakan di tingkat global. Nasional maupun lingkup komunitas terkait yang berdampak terhadap lingkungan  Sebagian muslim menetap di negara -negara yang rentan terhadap perubahan iklim , gelombang panas, dan suhu yang ekstrem lainnya. Panduan ini adalah seruan kepada umat Islam untuk segera mengambil aksi dalam melestarikan lingkungan dan saling menjaga terhadap kehidupan di planet bumi ini.

Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Aku Naik Mobil Tanpa Awak di The Breeze BSD City

FWD Launching Platform Digital SME Connect untuk UMKM

Bolu Kukus Nusa Rasa, Kue Rasa Special untuk setiap kebersamaan