Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang ke 27 Tahun bersama Kementrian Kesehatan RI

         Guys, kalian pasti tahukan bahwa kesehatan jiwa itu juga sangat penting. Nah dalam rangka menyambut hari kesehatan jiwa sedunia yang ke 27 tahun, Kementrian Kesahatan RI mengajak para blogger untuk berdiskusi lebih dalam lagi mengenai Kesehatan Jiwa.



       Unsur kesehatan paripurna berdasarkan UU.KES. No 36 tahun 2009 Adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

        Kesehatan Jiwa juga kondisi dimana seseorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya (UU No. 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa).



       Oh iya guys, Depresi bisa menyebakan sakit Jantung loh guys. Kesehatan Jiwa juga punya peranan penting dalam pencegahan bunuh diri. Oleh karena itu semua keluarga, guri serta masyarakat perlu menanamkan jiwa sejak awal kehidupannya.

       Yang menyebabkan terjadinya bunuh diri : Gangguan Jiwa (terutama gangguan depresi berat dan penggunaan alkohol)
 • Merasa bersalah, tak berharga, tak berdaya & putus asa .
 • Kehilangan status pekerjaan, sumber pendapatan, Keyaninan diri dan Harga Diri.
 • Tinggal sendiri dirumah dan menderita penyakit terminal.
 • Menjadi Korban kekerasan rumah tangga atau bentuk lainnya khususnya pada perempuan.



       Guys, kalian tau kan kalau tiada Kesehatan tanpa Kesehatan Jiwa. Masalah kesehatan jiwa mungkin dialami,  tapi tidak harus berakhir dengan Gangguan jiwa apalagi percobaan bunuh diri. Karena tindakan bunuh diri dapat di cegah dengan adanya Kepedulian Dari Lingkungan Sekitar.  Nah guys, kita harus tenang ya, jangan dikit dikit depresi, nanti kalau kita meninggal duluan gimana keluarga kita ? Ibu dan lainnya? Pasti bakalan sedih banget kan kalau tahu kita meninggal dunia, apalagi meninggal karena bunuh diri.


Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Aku Naik Mobil Tanpa Awak di The Breeze BSD City

FWD Launching Platform Digital SME Connect untuk UMKM

Bolu Kukus Nusa Rasa, Kue Rasa Special untuk setiap kebersamaan