Bahagia Berwakaf Cegah Kanker bersama Dompet Dhuafa


      Assalamualaikum wr wb, hai guys! Kalian tahu engga sih kalau dengan berkawaf kita bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Nah berwakaf itu tidak harus punya uang banyak, cukup Rp.10.000,- aja kita sudah bisa berwakaf untuk membantu orang - orang yang lebih membutuhkan.

       Nah jadi pada hari Jum'at, 29 November yang berlokasi di Zona Madina, Parung Bogor.  YMGPI dengan Dompet Dhuafa baru saja meresmikan kerjasamanya dalam penggalangan dana atau pengumpulan dana dengan hanya berwakaf mulai dari Rp.10.000,- saja lho guys. Dan rencananya dana Wakaf ini akan segera di gunakan untuk membeli beberapa mesin Radioterapi yang rencananya akan di sumbangkan atau di dedikasikan untuk Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa yang berada di seluruh Indonesia.

      Tentunya dalam hal ini akan sangat bermanfaat untuk para pasien penderita Kanker Payudara. Pada acara ini juga diModerator oleh Etika Setiawanti, GM Marketing Communication.
Pembicara yang hadir ada dr. Emma (praktisi kesehatan) dan
Tania Nordina (ketua YMGPI).
Serta hadir juga pak Bobby P. Manullang (GM mobilisasi Wakaf DD). Selain para blogger juga hadir Influencer Intan Widiananda nih guys.



Penandatanganan resmi


Ibu-ibu Srikandi, Dompet Dhuafa, YMGPI


Di Empang milik Dompet Dhuafa.

@dompet_dhuafa #TourZonaMadina #BahagiaBerwakaf  Wakaf  .
 
  Tentang Kanker Payudara
     Kanker adalah sebuah tumor atau bagian dalam tubuh yang tumbuh dan berkembang dengan tidak normal (yang tidak diinginkan). Kanker payudara juga diam-diam bisa membunuh secara perlahan dalam tubuh seseorang. Kebanyakan wanita baru sadar ketika memiliki kanker payudara saat udah stadium lanjut, kanker yang sudah menyebar dan masuk stadium 4 akan lebih sulit untuk diobati sampai sembuh. Nah sangat pentingkan guys untuk melakukan deteksi dini agar kemunculan kanker payudara ditahap awal dapat diketahui agar bisa segera diobati. Kanker payudara bisa SADARI (periksa payudara sendiri).

Cara deteksi dini kanker payudara sendiri dengan SADARI


     Dengan rutin cek payudara sendiri, kamu akan lebih mudah dan cepat mengenali ketika ada benjolan, perubahan bentuk, atau perubahan sensasi yang tidak biasa.
Untuk memeriksa payudara sendiri, kamu bisa melakukannya di kamar mandi, berdiri di depan cermin, atau berbaring.

SADARI di kamar mandi

      Saat mandi, pegang, sentuh, dan raba seluruh area payudara kamu dengan tiga jari utama: telunjuk, tengah, dan jari manis.
Raba dengan gerakan melingkar mulai dari luar dekat ketiak hingga ke tengah puting. Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan tekstur tak biasa pada payudara yang sebelumnya tak pernah ada.
Jangan lupa untuk memeriksa area ketiak dan atas tulang selangka karena daerah ini juga bisa ditumbuhi sel kanker. Lakukan langkah yang sama untuk memeriksa payudara yang satunya. 
Poli ibu & anak

SADARI sambil bercermin

    Selain saat mandi, cara deteksi dini kanker payudara sendiri bisa dengan bercermin di rumah.
Dalam keadaan telanjang dada, angkat salah satu tangan tinggi-tinggi dan periksa payudara di sisi itu dengan tangan satunya. Caranya sama seperti di atas, gunakan tiga jari utama dan raba dengan gerakan melingkar dari arah luar ke dalam.
Lihat dan rasakan apakah ada perubahan bentuk, ukuran, dan tekstur pada kulit payudara maupun puting. Lakukan langkah yang sama untuk memeriksa sisi payudara satunya.

SADARI sambil berbaring

      Deteksi dini payudara di rumah juga bisa dilakukan dengan berbaring. Saat berbaring, jaringan payudara akan menyebar dan merata di sepanjang dinding dada sehingga akan lebih mudah diamati perbedaannya (jika ada).
Berbaringlah telentang dengan menyelipkan bantal di bahu kanan dan menyangga kepala dengan lengan kanan. Kemudian, rabalah seluruh area payudara kanan kamu dengan bantalan tiga jari utama kiri kamu dengan gerakan melingkar kecil hingga ke ketiak. Kamu bisa sedikit menekan payudara untuk lebih memastikan apakah ada benjolan atau tidak.
Periksa juga apakah ada benjolan di sekitar puting dan ada cairan aneh yang keluar ketika puting susu dipencet. Lakukan langkah yang sama untuk memeriksa payudara kiri kamu. 

Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Aku Naik Mobil Tanpa Awak di The Breeze BSD City

FWD Launching Platform Digital SME Connect untuk UMKM

Bolu Kukus Nusa Rasa, Kue Rasa Special untuk setiap kebersamaan