Ini keseruan aku saat I Plant Mangrove

 




Hai semuanya, apa kabar? Semoga tetap sehat dan bahagia ya. Jadi di sini aku mau ceritain tentang pengalaman aku menanam mangrove di pulau tidung pada tanggal 19 maret 2022. Seperti yang kalian tahu bahwa menjaga dan melestarikan ekosistem laut dan penghijauan disekitar alam adalah tugas kita semua sebagai manusia yang bertanggung jawab. Selain dapat menyelamatkan alam, erosi, abrasi yang diakibatkan oleh penumpukan sampah dan tidak ada nya perawatan untuk menanam penghijauan seperti contohnya menanam mangrove maka dapat menyebabkan alam yang indah atau bumi kita semua yang indah dapat rusak dan mudahnya terjadi tsunami. Untuk itu penting sekali untuk menanam mangrove sedini mungkin. Mangrove memiliki manfaat yang sangat besar untuk keberlangsungan kehidupan manusia dan hewan atau biota laut karena ini dapat menahan arus air laut yang mungkin bisa saja mengikis daratan disekitar pantai. Mangrove juga bisa menyerap karbon dioksida dan bisa menghasilkan oksigen . Serta Mangrove dapat menjadi tempat kehidupan biota - biota laut seperti ikan - ikan kecil untuk dapat berlindung dan mencari makan . Tidak hanya itu saja guys, dengan kita menanam Mangrove itu artinya kita juga dapat membantu melestarikan alam, bisa melindungi pantai juga sungai-sungai yang dapat erosi bahkan abrasi. bisa menjaga wilayah penyangga serta menyaring air laut menjadi air tawar di sekitar daratan.


Kegiatan I Plant Mangrove di Pulau Tidung ini di selenggarakan oleh Yayasan Mangrove Indonesia Lestari dengan mengajak beberapa Komunitas dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta dalam menanam 1000 bibit Mangrove di Pulau Tidung Besar. Dalam menanam 1000 bibit pohon Mangrove ini di lakukan di sekitar sepanjang garis pantai Pulau Tidung Besar yang berlokasi di kepulauan Seribu dan kegiatan ini juga di dukung oleh Pusat Budidaya dan Konservasi Laut Dinas Ketahanan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, BEM FT UI,KAPA UI danb komunitas Bloggercrony serta mengajak beberapa mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor dan tim sukarelawan dari Yayasan Mangrove Indonesia Lestari terjun langsung untuk melakukan penanaman 1000 bibit pohon Mangrove ini.




Acara menanam 1000 Mangrove ini ku kira akan memakan waktu yang sangat lama, tapi kenyataannya ini tuh sebentar banget guys. Proses menanam 1000 Mangrove ini cepat banget, dan aku suka karena seru banget guys. Ini pengalaman pertama aku menanam 1000 Mangrove langsung di Pulau Tidung Besar. Biasanya kalau dirumah sendiri aku suka menanam pohon hiasan seperti bunga mawar, bunga kamboja bahkan tanaman untuk di makan seperti menanam cabai rawit, terong, pare bahkan aku juga menanam kencur dirumah. Menanam menurutku merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan kapan aja. Manfaatnya juga banyak bangetkan guys, selain bisa dimakan, pemandangan dirumah juga lebih segar, kesehatan mental juga jauh lebih baik. Eits balik lagi deh ke topik menanam 1000 Mangrove ya guys haha, jadi kegiatan menanam Mangrove ini diawali dengan sambutan dalam pembukaan acara, mulai dari perkenalan satu sama lain antar tim peserta dan di lanjutkan dengan memberikan edukasi mengenai jenis dan manfaat Mangrove juga mempresentasikan mengenai metode penanaman bibit Mangrove untuk para peserta yang juga ikut turut berpartisipasi program acara tersebut oleh kak Bayu Pamungkas  selaku co-founder dari Yayasan Mangrove Indonesia Lestari . dan sebelum proses penanaman 1000 bibit Mangrove di mulai maka seluruh peserta yang dibantu oleh tim kebersihan mulai membersihkan sampah yang berserakan di seluruh area pinggir pantai Pulau Tidung Besar. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam melestarikan hutan Mangrove untuk menjaga keseimbangan alam dalam mengantisipasi adanya abrasi dan bencana alam seperti tsunami di wilayah sepanjang pantai Tidung. Ketua Divisi Mangrove dan Tanaman pantai PBKL, Fazhur R . Launuru juga menyampaikan penanaman pohon Mangrove ini bisa menjadi cikal bakal destinasi wisata alam yang indah. Salah satunya selain adanya pohon bakau tanaman mangrove ini bisa menambah daya tarik wisata di pulau tersebut. "Nantinya kita berencana akan memanfaatkan lokasi ini sebagai destinasi wisata mangrove" ucapnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh team yang telah ikut secara sukarela untuk mendukung sepenuhnya dalam penyelenggaraan acara program I Plant Mangrove ini. 






Pak Paundra Hanutama selaku Founder Yayasan Mangrove Indonesia Lestari mengatakan "Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kami berkomitmen menanam bibit mangrove secara rutin di pulau Tidung. Kami berharap apa yang dilakukan ini dapat menjaga keseimbangan lingkungan dan mengantisipasi adanya bencana lingkungan" "Kegiatan penanaman mangrove ini juga sebagai bentuk kontribusi dari Yayasan dalam mendukung ekowisata yang didorong oleh kemenparekraf dengan mengembangkan produksi ekowisata dengan empat dimensi, berbasis alam, mendukung konservasi berkelanjutan dan memiliki aspek pendidikan lingkungan kepada masyarakat di tiap-tiap lokasi.







Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Aku Naik Mobil Tanpa Awak di The Breeze BSD City

FWD Launching Platform Digital SME Connect untuk UMKM

Bolu Kukus Nusa Rasa, Kue Rasa Special untuk setiap kebersamaan