Bahayanya money game (APLI Day 1)

     


        Hallo teman - teman semuanya, jadi hari senin tanggal 7 desember 2020. Aku menghadiri acara APLI hari pertama dan langsung di studio live beberapa narasumber juga hadir. Kalian tahu engga sih siapa aja yang menjadi korban langsung dari money game ini ? Tentu saja korban utamanya adalah Masyarakat umum. Industri Penjualan Langsung hanya merupakan korban sekunder mendapat dampak terhadap rusaknya Image.

       Zona waktu sebelum tahun 2014 lahirnya UU no.7 tahun 2014 tentang perdagangan dan 2015 mulai kasus pertama Skema Piramida ditangani, Pertumbuhan Industri Penjualan langsung yang benar terus bertumbuh.
Lahirnya UU No.7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan (Peraturan Menteri Perdagangan RI No.70 Tahun 2019 .

   



          Pasal 105 Pelaku Usaha Distribusi yang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan barang sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp.10.000.000.000,00 (sepuluh milliar rupiah). 






           Skema Piramida pasal 30 Skema Piramida sebagaimana dimaksud dalam pasal 21 huruf k memiliki kriteria yang meliputi:
A. Komisi dan atau Bonus diperoleh dari iuran keanggotaan atau perekrutan Penjual Langsung;
B. Menerima Pendaftaran keanggotaan sebagai Penjual Langsung dengan identitas yang sama dan hak usaha lebih dari 1 (satu) kali; atau
C. Program Pemasaran (Marketing Plan) menghasilkan Komisi dan atau Bonus ketika Perusahaan tidak melakukan penjualan Barang.

   



        Ada 8 Poin untuk memastikan Apakah sebuah Perusahaan Penjualan Langsung Legal atau Tidak.

1. Apakah ada produknya ?
2. Apakah komisi dibayarkan pada penjualan produk dan bukan pada uang pendaftaran ?
3. Apakah penekanan pada penjualan produk, bukan pada peringkat?
4. Apakah tidak ada korelasi langsung antara jumlah yang direkrut dan kompensasi?
5. Jika rekrutmen dihentikan hari ini, apakah peserta masih bisa menghasilkan uang ?
6. Apakah ada kebijaksanaan pengembalian produk yang rasional?
7. Apakah produk memiliki nilai pasar yang wajar?
8. Apakah ada alasan yang menarik untuk membeli ?

       Hasil : Jika jawaban dari semua pertanyaan itu adalah IYA, maka perusahaan tersebut adalah Legal.
Tapi jika jawabannya adalah TIDAK, maka kemungkinan besar itu adalah bentuk penipuan bersistem piramida. 

   Bahaya money game -> Albanian rebellion of 1997 Sejarah mencatat dari laporan IMF juli 1999 bahwa telah terjadi di negara Albania tahun 1996-1997 kasus hancurnya skema piramida yang secara fenomenal tumbuh besar melampaui 50% APBN dan tiba - tiba hancur dengan cepat mengakibatkan pemerintahan jatuh, terjadi anarkis dan perang saudara tahun 1997 dimana sekitar 2000 orang terbunuh dalam insiden tersebut. Ada 17 perusahaan skema piramida yang terlibat saat itu. 

   - MMM (Rusia) 1990 - 1994
Segie Mavrodi melakukan skema ponzi dengan baju social financing network / komunitas pendanaan bersama / komunitas saling membantu (get help) dengan jumlah 10 sampai dengan 20 juta korban, rata - rata jatuh miskin dan 50 korban melakukan bunuh diri masal karena depresi. SM dipenjara 2003 - 2007 kemudian membuka MMM India pada 2011 dan ditutup oleh pemerintah India 2012 .

   - The South Sea Bubble th 1710 - 1720 di Uk

   - Skema Ponzi di US tahun 1920 dan kasus Bernard Madoff mantan CEO Nasdaq mendirikan sebuah Hedge Fund Bernama Bernard L. Madoff Investment Secuirities tahun 2008 bangkrut memakan kerugian US$65 M dan di vonis penjara 150 th .

     



    Kerugian akibat dari kegiatan berindikasi Penipuan & Skema Piramida tahun 2007 - 2017 mencapai 105, 8 T.
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menyebutkan, Total kerugian ini berdasarkan data yang diberikan pihak kepolisian. Jumlah perkiraannya mencapai Rp. 105,8 triliun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, ini sangat besar, kata Tongam dalam diskusi di gedung OJK, Jakarta, kamis (30/11). Dia mengatakan, banyaknya kerugian ini karena masyarakat yang masih mudah tergiur dengan penawaran bunga yang besar dan tidak masuk akal. Dia mencontohkan masyarakat termakan iming - iming koperasi Pandawa, lalu First Travel yang menawarkan biaya yang sangat murah. Memang investasi bodong ini menjajikan keuntungan yang tidak wajar dalam waktu cepat, lalu ada juga yang menjanjikan bonus dari perekrutan anggota baru member get member, jelas dia. Dia juga mengatakan bahwa biasanya investasi bodong menawarkan klaim tanpa resiko. Legalitas tidak jelas karena perusahaan memiliki izin kelembagaan tapi tidak punya izin usaha. Kemudian memiliki izin kelembagaan dan izin usaha namun melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izinnya.

     APLI turut berperan aktif memerangi praktek Money Game, APLI berperan aktif dalam SOSIALISASI beda dan bahayanya Money Game, serta APLI berperan aktif dalam PENINDAKAN  bekerja sama dengan POLRI.
www.apli.or.id 

Jadi hati hati ya teman teman semuanya, jangan mudah percaya dan tergiur janji palsu . 

 Terima kasih telah membaca blog saya , vlogs day 1 APLI ada disini ya guys https://youtu.be/WDNXI30qIDM




Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Aku Naik Mobil Tanpa Awak di The Breeze BSD City

FWD Launching Platform Digital SME Connect untuk UMKM

Bolu Kukus Nusa Rasa, Kue Rasa Special untuk setiap kebersamaan